Selasa, 13 Agustus 2019 14:49

Pengenalan Jurusan bersama Mahasiswa Baru

SELAMAT DATANG kepada mahasiswa baru Jurusan Antropologi yang berjumlah sekitar 85 orang. Pelaksanaan pengenalan jurusan kepada mahasiswa baru dilaksanakan di Gedung E1.2 pada jam 14.00 sampai selesai. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua jurusan dan staf Dosen Jurusan Antropologi. Pengenalan jurusan diawali dengan pengenalan nama-nama dosen Jurusan yang hadir pada saat itu, sekitar 8 orang dosen. Selanjutnya, mahasiswa baru disuguhkan video mengenai profil jurusan dan aktivitas kegiatan lapangan selama ini yang dilaksanakan oleh dosen jurusan. Setelah selesai menonton video, maka ketua jurusan menjelaskan tentang profil jurusan dan kurikulum perkuliahan. Terakhir, materi yang disampaikan oleh jurusan adalah mengenai etika dan permasalahan keilmuan Antropologi di zaman sekarang ini, yang disampaikan oleh Prof. Dr. rer.soc. Nursyirwan Effendi.

Pelaksanaan visitasi dalam rangka reakreditasi Jurusan Antropologi telah dilaksanakan pada tanggal 25--27 Juli 2019 di Ruang Sidang Jurusan Antropologi. Kegiatan visitasi tersebut dihadiri oleh 2 asesor BAN-PT RistekDikti, yaitu Prof. Dr. Hamka Naping (Unhas) dan Dr. Phil. Ichwan Azhari, M.Sc (Unimed). Adapun staf dosen yang hadir dalam pelaksanaan visitasi tersebut berjumlah 10 orang beserta pegawai jurusan.

Alhamdulillah selama dalam pelaksanaan visitasi tersebut tidak ada kendala yang berarti dan berjalan dengan sukses. Insyaallah dengan kelancaran tersebut dapat berbuah manis dengan pencapaian akreditasi A kembali yang sebelumnya mendapat akreditasi B.

Pada saat pertama kali Jurusan Antropologi berdiri di tahun 1982 berada di bawah naungan Fakultas Sastra Universitas Andalas. Tahun 1993 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0384/0/1993 tertanggal 13 Mei 1993 menetapkan berdirinya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan Jurusan Antropologi kemudian menjadi salah satu jurusan yang ada di dalamnya berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No.20/DIKTI/KEP/1994 tertanggal 15 Januari 1994.

Di usia ke 31 tahun, Jurusan Antropologi telah memiliki lebih kurang 800 orang lulusan dan terus menerus berupaya meningkatkan kualitas lulusan agar lebih kompetitif di dunia kerja. Namun mempelajari perkembangan terakhir input mahasiswa yang memilih jurusan antropologi cenderung menurun dengan data tingkat keketatan terakhir 1 berbanding 5 yang kemudian menyebabkan menurunnya passing grade input. Setelah dicermati, diasumsikan ada kaitannya dengan digabungnya mata pelajaran Antropologi ke dalam sub disiplin Sosiologi sehingga siswa sekolah menengah tidak begitu mengenal disiplin antropologi daripada akhirnya berdampak pada rendahnya tingkat pemilihan siswa sekolah menengah pada Jurusan Antropologi.

Mencermati masalah tersebut, Jurusan Antropologi sejak beberapa tahun terakhir melakukan terobosan melalui kegiatan promosi dan promosi ke berbagai sekolah menengah di Sumatera Barat dan wilayah provinsi lainnya, khususnya guna mempromosikan Jurusan Antropologi. Kegiatan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan jurusan secara langsung ke siswa-siswa sekolah menengah guna meningkatkan minat siswa terhadap Jurusan Antropologi. Adapun sasaran untuk kegiatan promosi kali ini ada di 2 SMA yang berbeda di Provinsi Jambi yaitu ke SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 8 Provinsi Jambi. Kegiatan promosi ini dilaksanakan oleh Tim Pelaksana yang terdiri dari Staf dosen Jurusan Antropologi FISIP, Universitas Andalas sebagai berikut:

  1. Dr. Yevita Nurti, M.Si
  2. Dr. Zainal Arifin, M.Hum 
  3. Dr. Maskota Delfi, M.Hum 
  4. Sidarta Pujiraharjo, S.Sos, M.Hum

Dipilihnya Provinsi Jambi ini sebagai tujuan promosi Jurusan Antropologi adalah salah banyaknya Alumni Jurusan Antropologi yang bekerja di Provinsi Jambi dan merekomendasikan daerah tersebut untuk bisa mengsosialisasikan Jurusan Antropologi.Menurut mereka minat siswa/ siswi terhadap Antropologi cukup tinggi namun mereka masih mempertanyakan dan meragukan masalah lapangan pekerjaan bagi sarjana Antropologi, sehingga mereka pada akhirnya memutuskan tidak memilih Jurusan Antropologi. Adapun peserta utama atau sasaran utama dalam kegiatan promosi Jurusan ini adalah siswa-siswa sekolah menengah kelas XII SMA Negeri 4 Jambi dan SMA Negeri 8 Jambi.

Dalam kegiatan Promosi ini kami telah menyiapkan beberapa bahan materi seperti: leaflet dan brosur, hand-out pengenalan Jurusan Antropologi, serta materi tentang ilmu Antropologi dan dunia kerja yang disampaikan langsung oleh dosen Jurusan Antropologi.

Sabtu, 20 Juli 2019 17:29

Persiapan Re-akreditasi Jurusan

Jurusan Antropologi FISIP akan menghadapi visitasi re-akreditasi jurusan pada tanggal 26 Juli 2019, dengan kedatangan 2 asesor BAN-PT, yaitu Prof. Dr. Hamka Naping, M.A dari Universitas Hasanuddin, Makassar dan Dr. Ichwan Azhari dari Universitas Negeri Medan. Saat ini pimpinan dan dosen jurusan sedang mempersiapkan bahan-bahan akreditasi tersebut dengan sebaik-baiknya.

Rabu, 17 Juli 2019 17:24

Undangan Kuliah Umum

Jurusan Antropologi FISIP menyelenggarakan Kuliah Umum yang akan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2019, jam 08.30 sampai selesai yang bertempat di Ruang Sidang Dekanat Lantai 2, FISIP Unand. Kuliah umum menghadirkan nara sumber, yaitu Prof. Richmond Stroupe, PhD, dengan tema " Developing 21st Century Skills through the Social Sciences: What every teacher can do"

Pada tanggal 30 Maret 2019, FISIP menggelar salah satu kegiatan olahraga, yaitu sepakbola antar jurusan se-FISIP yang dilaksanakan di lapangan Limau Manis, Kampus Unand. Kejuaraan sepekabola antar jurusan tersebut diikuti oleh 6 jurusan, yang akhirnya dimenangi oleh Jurusan Antropologi setelah mengalahkan jurusan Ilmu Politik, dengan skor 1-0.

Mahasiswa jurusan Antropologi menggelar Seminar mengenai Suku Mentawai dalam Kegiatan Etnografi Mentawai, yang dilaksanakan di Gedung C FISIP pada hari Selasa tanggal  26 Maret 2019. Disamping seminar, mahasiswa juga menggelar pameran foto dan pemutaran film dokumenter tentang suku Mentawai.

Rombongan dosen dan mahasiswa jurusan Antropologi yang berangkat ke Faculty of Oriental Studies, University of Social Sciences and Humanities (USSH), National University di Ho Chi Minh City, Vietnam pada tanggal 16 April sampai 25 April 2019 sukses melakukan presentasi tentang keberagaman budaya Indonesia dengan tema " Bhinneka Tunggal Ika: Antara Idealisme dan Perubahan.

Kamis, 09 Mei 2019 16:58

Workshop Penyiapan Proposal S3

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik telah menyelenggarakan workshop dalam rangka menyiapkan strategi pembuatanroposal disertasi dan cara mendapatkan Beasiswa S3. Workshop ini ditujukan kepada seluruh dosen FISIP yang sedang merencanakan studi lanjut, dengan pembicara 2 orang dosen Jurusan Antropologi, yaitu Bapak Prof. Dr, rer, soz, Nursyirwan Effendi, dan Bapak. Dr. Erwin, M.Si serta 1 orang dosen Sosiologi, yaitu Bapak Prof. Afrizal, MA. Ada beberapa hal penting yang disampaikan dalam workshop seperti proposal riset harus punya “daya dobrak” yang tinggi. Dokumen ini harus bisa meyakinkan semua pihak bahwa calon mahasiswa memiliki kapasitas yang cukup dalam menjalankan program S3, memiliki rencana riset yang jelas dan menjanjikan, dan potensi menyelesaikan studi tepat waktu. Karena perannya yang sangat vital inilah proposal riset perlu disiapkan dengan baik. Sayangnya banyak calon mahasiswa yang tidak memahami pentingnya proposal riset ini, sehingga mereka tidak menyusunnya secara maksimal. Menurut pengalaman saya, banyak calon mahasiswa yang baru membuat proposal hanya beberapa minggu sebelum batas akhir pendaftaran. Jelas hasilnya tidak bisa solid, dan tidak mencerminkan sebuah perencanaan yang baik.

Sebuah proposal harus dengan jelas dan cepat menjelaskan rencana riset yang akan dijalankan selama menempuh studi S3. Dengan demikian paling tidak sebuah proposal harus memuat butir-butir penting sebagai berikut:

  • Problem yang akan ditangani/diselesaikan melalui riset
  • Tujuan riset, hasil yang diharapkan, dan manfaatnya
  • Tinjauan pustaka
  • Metodologi yang digunakan
  • Hal-hal lain yang menentukan keberhasilan riset, seperti alat dan bahan yang diperlukan, kendala yang mungkin dihadapi, jadwal penelitian, dan sebagainya.

Proposal perlu disusun dengan memperhatikan ciri dan persyaratan riset S3, khususnya yang terkait dengan unsur kebaruan (novelty) dan orisinalitas. Proposal harus bisa menunjukkan bahwa riset yang akan dijalankan mengandung kebaruan dan orisinalitas yang cukup, dan berpotensi menghasilkan temuan-temuan yang menjadi kontribusi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. 

Senin, 07 Januari 2019 16:36

Penyerahan Sertifikat Akreditasi Jurnal

Alhamdulillah, Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya sebagai satu-satunya jurnal ilmiah di Jurusan Antropologi FISIP Universitas Andalas yang diketuai oleh Bapak Lucky Zamzami sebagai Editor in Chief meraih peringkat 2 SINTA Ristek Dikti Jakarta, dengan nomor SK: 34/E/KPT/2018 pada tanggal 10 Desember 2018. Saat ini Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya merupakan satu-satunya jurnal di Universitas Andalas meraih peringkat tertinggi (SINTA 2) dibandingkan jurnal-jurnal yang ada di lingkungan Unand. 

Penyerahan sertifikat akreditasi Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya telah dilakukan oleh Bapak Lucky Zamzami sebagai Editor in Chief kepada pihak Jurusan Antropologi, yang diwakili oleh Bapak Fajri Rahman sebagai Sekretaris Jurusan Antropologi. Hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi lembaga Jurusan Antropologi dalam peningkatan publikasi ilmiah dosen ke depannya.

Kegiatan Terkini

No events

Kalender

August 2022
S M T W T F S
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31

Professor Antropologi

Profil Unand

 

Unand dari Udara

Kunjungan

Today 2

Yesterday 13

Week 117

Month 387

Currently are 5 guests and no members online

Kubik-Rubik Joomla! Extensions